1 min read

Resensi buku, kepemimpinan dalam pendidikan


Identitas buku
Judul buku: kepemimpinan dalam pendidikan
Penulis: Drs. WASTY SOEMANTO
               Drs.HENDY AT SOETOPO
Penerbit: “usaha nasional” jl, praban 55 telp 442115__471580 PO BOX 23 Surabaya__indonesia
Pencetak: “usana offset printing” Surabaya__indonesia
Jumlah halaman: 104 halaman

SINOPSIS BUKU

para pemimpin mereaksi setiap tantangan masyarakat pada dewasa ini sejarah peneletian tentang hubungan antara individu dan masyarakat memberikan keyakinan kepada kita terhadap demokrasi pada masa mendatang

Dalam perkembangan selanjutnya orang menggunakan “pendekatan kualitas pribadi” untuk menjelaskan arti pendekatan kepemimpinan ini memandang kualitas pribadi seseorang yang menentukan kepemimpinan orang itu termasuk: kapasitas (intelegansi, kemampuan verbal dan jugement) prestasi (gelar kesarjarnaan, pengelaman dan pengetahuan), tanggung jawab (ketergantungan kepercayaan diri pada diri sendiri, dan ambisi), Partisipasi (kemampuan beradaptasi, partisipasi, dan aktivitas).
Selain itu, ternyata dengan memiliki sifat-sifat tersebut belum menjamin untuk menjadi pemimpin bahwa kepemimpinan seorang hanya dapat mengambil jalan dengan memperhatikan tingkah laku pemimpin dalam mempengaruhi orang-orang yang pimpin.
Usaha penemuan pemimpin yang baik memerlukan hubungan yang erat dan teratur antara staf administrasi dan guru-guru pada sistem sekolah yang besar, pengawas / pengawas sekolah dan guru-guru sekolah dasar dan menengah, pertemuan-pertemuan ini diadakan untuk belajar berbabagi masalah.
Ada juga cara lain untuk penemuan dan pemilihan pemimpin dapat wawancarai
, staf partisifasi, dan teknik-teknik eksperimental.
Para pemimpin pendidikan menghadapi dua jenis tekanan: pertama
tekanan otoriter dan peraturan-peraturan-terhadap kegiatan pendidikan dalam keserangaman tidak konsisten dengan tujuan-tiujuan peradaban demokrasi.
Kedua berasal dari aliran-aliran perilaku.
Untuk mengatasi setiap permasalahan hidup, kita harus bertanggung jawab dan secara bebas memecahkan masalah tersebut.
Para pemimimpin pendidikan harus memperbaharui praktek-praktek demokrasi kita guru-guru lebih berperanan penting dalam penyusunan dan penyusunan nilai demokrasi

 

Kelebihanbuku

  • pendekatan kepemimpinan hampir lengkap
  • padat dan jelas
  • Tepat untuk bacaan kita dalam memcahkan permasalahan yang sering kita temui dalam kepemimpinan pendidikan

Kekurangan buku

  • banyak  kata-kata yang sulit di mengerti
  • Di dalam buku tidak ada menurut para ahli maupun teori.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *