Pendidikan sebagai proses memanusiakan manusia
Baiq yayuk samsiniwati
MPI, smester V
Pendidikan merupakan proses mengubah sikap dan perilaku seseorang atau kelompok dalam upaya mendewasakan seseorang melalui pengajaran dan pelatihan. Dalam hal ini, memanusiakan manusia merupakan salah satu tujuan pendidikan, tidak dapat dipungkiri kesenjangan sosial antara masyarakat juga terjadi dalam dunia pendidikan, yang kaya akan lebih mudah mengakses fasilitas sekolah dan mendapatkan pengetahuan yang mampuni. Sedangkan yang miskin sebaliknya, fenomena ini seharusnya menjadi refleksi kita sebagai generasi penerus bangsa yang seharusnya mampu membangun kesadaran baru bahwa pendidikan adalah hal segala bangsa tanpa memandang status apapun. Sebab dimana ada kehidupan manusia disitu ada pendidikan. Hal ini berarti pendidikan adalah hak asasi. Tingkatnya sama seperti hak untuk hidup, hak untuk menyuarakan pendapat. Tanpa memandang status sosial, sanggup atau tidak sanggup, dari desa atau kota dan sebagainya. Dalam proses pendidikan untuk memanusiakan manusia, dikenal proses hominisasi dan humanisasi. Hominisasi merupakan proses menjadi manusia secara umum, yakni memanusiakan manusia dalam lingkup hidup manusiawi seperti yang semestinya. Sedangkan humanisasi yaitu suatu proses dimana manusia berdasarkan budaya mengangkat alam menjadi alam manusiawi atau menjadi kebudayaan. Jika hominisasi dimaksudkan untuk menjadikan manusia pada umumnya yaitu berdiri, bergerak, bersikap selayaknya manusia maka humanisasi berperan sebagai upaya untuk menciptakan kebudayaan yang baru dan menunjukkan ilmu pengetahuan. Pada proses inilah pendidikan bekerja saat manusia telah tumbuh dengan memenuhi kodratnya niscaya pendidikan selanjutnya memanusiakan manusia secara khusus. Dalam proses humanisasi Tentunya dalam proses pendidikan di Indonesia telah mengalami perkembangan dari tahun ke tahun, entah perubahan kurikulumnya, sistemnya, ataupun paradigma dalam dunia pendidikan. Salah satu kebijakan pendidikan adalah melakukan pembaharuan dan perbaikan sistem pendidikan nasional yang berprinsip desentralisasi. Disekolah sendiri, tentunya hal ini merupakan tujuan dari pembelajaran yang dilaksanakan pada setiap pertemuan mata pelajaran disekolah. Namun karena adanya pandemic, mau tidak mau segala kegiatan pembelajaran dilaksanakan dirumah. Hal ini tentu mempengaruhi hasil belajar tiap siswa, akan tetapi diharapkan dengan adanya kebijakan dan upaya dari pemerintah, pembelajaran dari rumah memberikan hasil belajar siswa yang memuaskan.
- Pada dasarnya pendidikan adalah ilmu pengetahuan yang tidak bisa lepas kaitannya dengan manusia dan alam semesta. Pendidikan merupakan sarana untuk menemukan jati diri sendiri serta bagaimana memahami situasi yang terjadi baik yang dialami sendiri ataupun orang sekitar. Pendidikan adalah hak setiap manusi, mereka sejatinya hidup adalah belajar. Seperti kata john dewey”pendidikan bukan persiapan untuk hidup. Pendidikan adalah hidup itu sendiri.
#Fizian Yahya M. Pd
#UAS-STAIDK