” Pentingnya Penerapan Ilmu Manajemen Dalam Lembaga Pendidikan “
10 mins read

” Pentingnya Penerapan Ilmu Manajemen Dalam Lembaga Pendidikan “

Reniwati, 18 Januari 2021            

 

Dalam tulisan ini saya sajikan sebagai tugas ujian akhir semester (UAS) ydalam mata kuliah jurnalistik. Saya sebagai salah satu mahasiswi STAI Darul Kamal Nw Kembang Kerang yang sedang berada di semester VII (tujuh) prodi maPIajemen pendidian islam (MPI). Pada pelaksanaan Ujian Akhir Semester (UAS) ini agak sedikit berbeda dari tahun sebelumnya, ada beberapa kebijakan baru dari kampus dan semua dosen dari 3 prodi yaitu prodi manajemen pendidikan pusislam (MPI), ilmu al-qur`an dan tafsir (IAT), dan pendidikan guru madrasah ibtiydaiyah (PGMI) sudah menyediakan wadah untuk semua mahasiswa /i STAI darul kamal Nw kembang kerang, wadah tersebut dinamakan website aliflam. Dengan adanya mata kuliah jurnalistik yang sediakan oleh kampus dan mata kuliah ini juga wajib diikuti oleh semua mahasiswa/i STAI darul kamal Nw kembang kerang dimana mahasiswa/i dapat menuliskan suatu ide-ide, gagasan-gagasan maupun pengalaman mereka masing-masing yang kemas dalam bentuk tulisan-tulisan dan dapat juga disertai gambar agar mempercantik tulisan dan kemudian di tamping dalam satu wadah yang dinamakan website aliflam.

Selama mengikuti perkuliahan baik itu secara tatap muka langsung dengan dosen mata kuliah ataupun lewat media daring (online) karena pada saat-saat ini wabah pandemi covid-19 yang tak kunjung pergi meninggalkan kita semua, sesuai dengan jurusan saya sendiri yaitu jurusan manajemen pendidikan islam (MPI) ada beberapa mata kuliah yang sudah dipelajari salah satu ialah mata kuliah tentang manajemen sarana dan prasarana dalam lembaga pendidikan yang di ajarkan oleh dosen kaharuddin M, Pd. Disaat saya masuk semester IV (Empat). maka dari itu dari tulisan ini saya akan sedikit mengulas pemahaman saya sendiri terkait dengan manajemen itu sendiri dan cakupan dalam manajemen dalam lembaga pendidikan. Karena setiap orang tidak terlepas dari yang namanya manajemen baik itu manajemen ketika berada di rumah ataupun ketika sedang berada dalam suatu lembaga pendidikan.

Dalam manajemen tentu saja ada suatu objek yang akan dikaji, dengan adanya manajemen semua pekerjaan maupun kegiatan dapat dilakukan sesuai dengan perencanaan sebelumnya untuk mencapai suatu tujuan bersama, manajemen diartikan sebagai suatu seni dalam mengelola, mengatur segala pekerjaan yang ada di dalam suatu lembaga pendidikan orang yang mampu memanajemen diri sendiri dengan baik maka dia sedikit demi sedikit dapat mengatur segala pekerjaan nya dengan baik pula, umpamanya seperti itu.!

Ilmu manajemen memang menjadi sebuah bidang keilmuan yang penting di kehidupan manusia. aktivitas yang dilakukan oleh manusia pasti ada pengaruh dari penerapan dari ilmu manajemen. Untuk itu, agar anda dapat mengelola segala sesuatu dengan efektif dan efisien, mempelajari ilmu manajemen bukanlah suatu hal yang merugikan untuk kehidupan anda. Terlebih lagi untuk temen temen yang sudah mempelajari  ilmu manajemen hendaknya bisa menerapkan dan memperkuat ilmu manajemen dalam kehidupan sehari hari dengan lebih baik lagi. (https://today.line.me/id/v2/article/X6aMMZ)

Dalam penguatan ilmu manajemen di dalam lembaga pendidikan tentu saja memerlukan berbagai pembelajaran yang benar-benar sesuai dengan bidang dan kemampuan dari masing-masing orang, contohnya saja seperti yang terjadi pada diri saya pribadi saya di berikan kepercanyaan oleh allah Swt, dan khususnya oleh bapak kepala sekolah SMK darul kamal Nw kembang kerang beserta guru yang lainnya untuk bekerja atau mengemban tugas sebagai bidang tata usaha di suatu lembaga (sekolah), seiring berjalannya waktu saya ditempatkan atau diposisikan di bagian tata usaha bagian kesiswaan. Di saat itulah tugas dan tanggung jawab saya pribadi untuk dapat memperkuat ilmu manajemen yang sudah saya terima di bangku kuliah, seperti halnya disaat adanya tugas atau pekerjaan yang diberikan kepada saya seperti mengurus berkas-berkas semua siswa-siswi yang ada, membuat absensi untuk masing-masing kelas, membuat laporan untuk kepala sekolah mengenai keadaan siswa-siswi dan pada saat itulah saya harus benar-benar bisa fokus untuk melakukan itu semua, terkadang disaat itu pula adanya tugas lain yang belum saya selesaikan yaitu tugas kampus. Akan tetapi tetap saya jalani dengan santai dan pelan, mengatur waktu dengan sebaik mungkin supaya tidak mengganggu pekerjaan yang lainnya.

Untuk lebih jelas, disini saya cantumkan beberapa teori tentang manajemen pendidikan itu sendiri diantaranya.

Pendidikan

Pada bagian pertama ini dijelaskan arti dari kata pendidikan.

Pendidikan diartikan sebagai usaha sadar dan terencana yang dilakukan untuk mewujudkan suasana proses pembelajaran di sekolah yang diterima oleh peserta didik secara aktif untuk dapat mengembangkan potensi dari masing-masing peserta didik untuk dapat memiliki suatu kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kecerdasan, akhlak mulia. Pendidikan dapat diproleh baik secara formal, informal, nonformal.

Menurut Ki Hajar Dewantara bahwa pengertian pendidikan adalah tuntutan di dalam hidup tumbuhnya anak-anak, adapun maksudnya, pendidikan yaitu menuntun segala kekuatan kodrat yang ada pada anak-anak itu, agar mereka sebagai manusia dan sebagai anggota masyarakat dapatlah mencapai keselamatan dan kebahagiaan setinggi-tingginya.

Dalam kaitannya dengan pendidikan bahwa semua orang berhak dalam mengenyam pendidikan untuk dapat memproleh suatu ilmu pengetahuan. Masing-masing orang berhak menentukan kemana jalur pendidikan yang mereka akan tempuh yang di sesuaikan dengan bidang mereka masing-masing misalnya orang yang ingin memproleh ilmu baca al-qur`an tentu saja orang tersebut akan belajar pada orang yang ahli atau yang memiliki ilmu tentang al-qur`an dan lain sebagainya.

Manajemen

Pada bagian kedua ini dijelaskan arti dari kata manajemen

Manajemen merupakan suatu cara yang efektif dalam menaiki tangga kesuksesan, dan dalam itu juga pemimpin yang berhak menentukan apakah tangga tersebut yang bersandar pada suatu hal yang  benar-benar kuat dan kokoh dalam mencapai suatu tujuan. Dalam ilmu manajemen tentu saja ada beberapa hal yang perlu di ketahui dan dipahami lebih dalam lagi karena di dalam kehidupan ini semuanya memerlukan manajemen yang baik apabila kita sudah mampu membuat suatu planning awal dengan baik dan dilaksanakan planning tersebut dengan baik pula, dan jika dalam proses kegiatan berlangsung terjadinya suatu kendala-kendala yang tidak pernah diduga sebelum maa selesaikan sesuai dengan apa permasalahan tersebut.

Manajemen pendidikan

Dan pada bagian ketiga ini dijelaskan arti dari kata  antara pendidikan dan manajemen.

Manajemen pendidikan merupakan suatu proses perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengawasan dalam mengelola sumber daya manusia dalam segala hal untuk mencapai tujuan pendidikan yang efektif dan efisien untuk mewujudkan hal tersebut dibutuhkannya suatu rancangan yang matang sebelumnya itulah yang di maksud dengan manajemen khususnya dalam lembaga pendidikan.

Soebagio menjelaskan bahwa manajemen pendidikan adalah proses untuk melakukan perencanaan, melakukan organisasi untuk memimpin dan untuk melakukan pengendalian karena manajemen ini dilakukan dalam dunia kependidikan.

Objek kajian ilmu manajemen dalam lembaga pendidikan

  1. Aspek struktural

Dalam manajemen lembaga pendidikan pada aspek struktur ini dijelaskan bahwa adanya suatu struktur organisasi pendidikan yang dibentuk dari masing unit kerja untuk mendeskripsikan masing-masing tugas yang harus dikerjakan dan tentunya dibutuhkannya suatu profesionalitas kerja dari semua unit-unit kerja dari semua pekerjaan untuk dapat mencapai suatu tujuan yang tepat.

Dalam aspek ini ditentukan sesuai dengan kemampuan dari masing-masing pihak yang terlibat agar dapat menerapkan ilmu-ilmu manajemen sesuai dengan tugas dan pekerjaan nya masing-masing.

2. Aspek teknik

Dalam manajemen lembaga pendidikan pada aspek teknik ini dijelaskan bahwa adanya suatu proses perencanaan, adanya tugas-tugas dan strategi dalam pelaksanaan kelembagaan.

3. Aspek personalia

Dalam manajemen lembaga pendidikan pada aspek personalia ini dijelaskan bahwa dalam hal ini lebih menekankan  pada bagaimana penempatan sumber daya manusia yang sesuai dengan kemampuan masing-masing untuk dapat mengerjakan pekerjaan,

4. Aspek informasi

Dalam manajemen lembaga pendidikan pada aspek informasi ini dijelaskan bahwa sistem informasi dalam lembaga pendidikan sebagai sistem kontrol internal maupun eksternal dalam lembaga pendidikan melakukan pengawasan para guru-guru dalam merespon dengan baik yang terkait dengan masalah-masalah didalam lembaga maupun di luar lembaga pendidikan itu sendiri.

5. Aspek lingkungan

Dalam manajemen lembaga pendidikan pada aspek informasi ini dijelaskan bahwa terdapat peran masyarakat dalam pengembagan lembaga pendidikan, hubungan lembaga pendidikan dan masyarakat, peran pelaku pendidikan dalam masyarakat, kerja sama lembaga pendidikan  dan masyarakat, sosialisasi lembaga dan kegiatan lembaga pendidikan dengan menyertakan semua komponen masyarakat dan aparatur pemerintah maupun pihak-pihak yang terlibat dalam lembaga pendidikan.

6. Aspek manajerial

Dalam manajemen lembaga pendidikan pada aspek manajerial ini yang berhubungan dengan profesionalitas kerja semua pihak yang terlibat dalam lembaga pendidikan, keterampilan seorang pemimpin dalam merancang konsep pengajaran demi mencapai suatu tujuan di masa depan dari proses input, proses sampai dengan output yang dikeluarkan oleh lembaga pendidikan tersebut.

7. Aspek pengembangan sumber daya manusia (SDM)

Dalam manajemen lembaga pendidikan pada aspek pengembangan sumber daya manusia (SDM) dijelaskan bahwa pengembangan dilakukan untuk dapat melakukan suatu pelatihan-pelatihan yang sesuai dengan kemampuan dari masing-masing orang yang terlibat dalam lembaga pendidikan tersebut, pengembangan mutu lembaga pendidikan, pengelolaan sumber daya manusia yang berkaitan dengan intelektualitas lembaga pendidikan, baik itu secara structural maupun kultutal. (Hikmat, 2009:155-156).

Bidang garapan dalam manajemen lembaga pendidikan                     

Ada beberapa yang perlu di dalami dalam ilmu manajemen lembaga pendidikan yang akan dapat berdampak baik bagi lembaga pendidik diataranya:

  1. Manajemen Kesiswaan
  2. Manajemen Kurikulum
  3. Manajemen Personalia
  4. Manajemen Sarana Dan Prasarana
  5. Manajemen Perpustakaan
  6. Manajemen Pembiayaan
  7. Manajemen Tata Usaha (TU) Pendidikan
  8. Manajemen Humas

Dari semua bagian-bagian manajemen yang ada di dalam suatu lembaga pendidikan ini tentu saja memiliki tugas dan fungsi masing-masing akan tetapi dengan satu tujuan yang sama untuk menghasilkan output (lulusan) yang bermutu dan bermanfaat bagi semua orang.

Apakah manajemen itu bagi diri saya pribadi ?

Kata manajemen ini tidak asing lagi bagi diri saya pribadi dengan penerapan manajemen yang baik, terarah dan sistematis maka segala pekerjaan yang akan dilakukan dapat berjalan dengan lancar karena sudah dilakukan sesuai dengan perencanaan sebelumnya.

Demikian sedikit penjelasan singkat tentang objek pentingnya peran serta penguatan objek kajian tentang ilmu manajemen dalam lembaga pendidikan. Manajemen yang baik ialah manajemen yang dijalankan dengan prosedur dan sistematika yang ada untuk dapat mencapai suatu tujuan organisasi dalam lembaga pendidikan.

 

Referensi

Siti Farikhah, manajemen lembaga pendidikan, (Yogyakarta: Anggota IKAPI 2015)

(Undang-Undang Sisdiknas No. 20 Tahun 2003 Pasal 1). Diunduh Pada Hari Rabu 20 Januari 2021.

(https://www.kajianpustaka.com/2020/09/manajemen-perpustakaan.html) Diunduh Pada Hari Rabu 20 Januari 2021.

 

Nama                          : Reniwati

Jurusan                      : Manajemen Pendidikan Islam (Mpi)

Semester                     : VII (Tujuh)

Dosen Pengampu      : Fizian Yahya, M.Pd

#UAS-STAIDK-2021

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *