5 mins read

“Impelementasi Strategi Pemasaran Jasa Pendidikan Dalam Meningkatan Kuantitas Santri Di Pontren Cendekia DLM NW”

Era globalisasi saat ini Persaingan antar lembaga pendidikan semakin ketat, hal itu terlihat dari mnculnya berbagai lembaga pendidikan negeri dan swasta yang berlomba-lomba menawarkan keunggulan masing-masing mulai dari fasilitas, bahkan dengan biaya yang terjangkau.

Bermunculannya lembaga-lembaga pendidikan baru, pada satu sisi merupakan sinyal positif akan tingginya tingkat perhatian pemerintah ataupun masyarakat terhadap dunia pendidikan, namun pada sisi yang lain persaingan antar lembaga pendidikan itu semakin atraktif. Terwujudnya lembaga pendidikan berkualitas tinggi menjadi kebutuhan yang tidak bisa ditawar. Oleh sebab itu, setiap elemen khususnya para praktisi pendidikan harus berjuang lebih kolektif kolegial untuk memajukan lembaga pendidikan yang menjadi tumpuan utama kemajuan bangsa. Peningkatan mutu menjadi tantangan utama pada setiap jalur, jenis dan jenjang pendidikan. Mutu harus ditingkatkan agar lembaga pendidikan mampu memberikan makna bagi bekal kehidupan anak didik di masa depan. Pemasaran menjadi salah satu mutu penggerak kemajuan lembaga pendidikan.

Tantangan era global semakin kompleks dan harus direspon dengan kehadiran lembaga pendidikan berkualitas tinggi.[1] Persaingan dalam dunia pendidikan menjadi tidak dapat terelakan lagi. Agar bisa mempertahankan eksistensin ya sekolah dituntut untuk dapat memasarkan sekolah/madrasahnya, karena sebagus apapun suatu sekolah jika tidak dipromosikan secara maksimal akan berdampak pada minimnya jumlah peserta didik dan tidak dikenalnya sekolah tersebut dikalangan masyarakat. Pemasaran menjadi sesuatu yang mutlak yang harus dilaksanakan oleh sekolah, selain ditunjukan untuk memperkenalkan, pemasaran dilembaga pendidikan berfungsi untuk membentuk citra baik terhadap lembaga dan menarik minat sejumlah calon siswa.[2]

Pemasaran merupakan ujung tombak dalam dunia persaingan yang semakin ketat, pemasar dituntut agar tetap bertahan dan berkembang.[3] Untuk itu lembaga pendidikan dituntut untuk melakukan strategi pemasaran guna mempertahankan dan meningkatkan ualitas dan kuantitas siswa yang ada. Tujuan dari strategi pemasaran tentunya tertanam nilai-nilai kepercayaan dalam benak setiap konsumen yang pada akhirnya akan bertambah jumlah siswa di lembaga tersebut.

Peran strategi pemasaran tidak terlepas dari bauran pemasaran yang digunakan organisasi/perusahaan karena bauran pemasaran merupakan seperangkat alat pemasaran yang digunakan dalam mencapai tujuan organisasi/perusahaan. Menurut Buchari Alma ada tujuh elemen-elemen bauran pemasaran yang terdiri dari 7P yaitu : Product (Produk), Price (Harga), Place (Lokasi/Tempat), Promotion (Promosi), Peopele (Orang), Physical Evidence (Bukti Fisik), Dan Process (Proses).[4]

Menurut Haris Hermawan, dengan adanya bauran pemasaran, akan meningkatkan keputusan, kepuasan, dan loyaitas konsumen dalam pembelian sehingga nantiya akan berdampak pada peningkatan kualitas daya saing perusahaan.[5]

Pondok Pesanten Cendekia Darul Lutviah Murni (DLM) NW adalah pondok pesantren yang terletak cukup jauh dari pusat kota. Pondok pesantren ini didirikan oleh Bapak Dr.H.M.Mugni Sn, M.Pd, M.Kom . Lingkungan pondok pesantren ini dikelilingi oleh persawahan, hutan, dan ladang.

Pondok Pesanten Cendekia Darul Lutviah Murni (DLM) NW tidak ingin ketinggalan uantuk ikut serta dalam memperbaiki kualitas pendidikan di lingkungan madrasah. Sehubungan dengan itu Yayasan Pondok Pesantren Cendekia DLM NW adalah salah satu lembaga pendidikan yang selalu berusaha meningkatkan strategi pemasaran untuk menarik minat masyarakat.

Pondok Pesantren Cendekia Darul Lutviyah Murni NW mulai menerima santri baru pada tahun diroshah 2014/2015. Samapai dengan akhir tahun pelajaran 2014/2015 santri angkatan perdana Pontren Cendekia DLM NW berjumlah 43 orang. Padataun ke-7 ini seluruh santi Pontren Cendekia DLM NW sebanyak 367 orang. Santri Pontren Cendekia DLM NW tidak hanya berasal dari masyarakat sekitar pondok, namun banyak juga santri yang berasal dari luar daerah. Seperti: Sumbawa, Dompu, Bima, Bali Sulawesi, Kalimantan, Aceh, Batam, dan NTT.

Penerapan strategi pemasaran yang dilakukan  Pondok Pesantren Cendekia Darul Lutviyah Murni NW dalam memperkenalkan sekolahnya ternyata sudah membawa image yang baik dikalangan masyarakat. Hal ini terlihat dari peningkatan jumlah santri yang masuk ke Pondok Pesantren Cendekia Darul Lutviyah Murni NW mengalami perkembangan semenjak didirikan sampai sekarang, meskipun telah banyak sekolah/madrasah yang lebih dahulu hadir  dan lebih berkualitas yang menjadi pesaing.

Adanya perkembangan yang signifikan dari perkembangan jumlah santri semenjak didirikan sampai sekarang dan Banyaknya santri dari luar daerah yang dimiliki Pontren Cendekia DLM NW menjadikan penulis ingin meneliti bauran pemasaran jasa pendidikan yang dilakukan Pontren Cendekia DLM NW sebagai strategi dalam melakukan pemasaran lembaga pendidikan untuk meningkatkan kuantisa santri serta efeknya terhadap daya saing lembaga pendidikan.

Berdasarkan latar belakang di atas penulis tertarik untuk melakukan penelitian dengan judul “Impelementasi Strategi Pemasaran Jasa Pendidikan  Dalam Meningkatan Kuantitas Santri Di Pontren Cendekia DLM NW

 

[1] Afidatun khasanah,”pemasaran jasa pendidikan sebagai trategi peningkatan mutu di sd alam baturraden”.vol 8,no 2, 2015, h.162

[2] Muhaimin, dkk, Manajemen Pendidikan : Aplikasinya Dalam Penyusunan Rencana Pengembangan Sekolah/Madrasah ( Jakarta : Kencana,2009), h.101

[3] Danang Sunyoto, Dasar-Dasar Manajemen Pemasaran  (Yogyakartav: CAPS, 2019), h 18

[4] Buchari alam, Manajemen Pemasaran Dan Pemasaran Jasa (Bandung: Alfhabeta: 2020) h.378

[5] Haris Hermawan, Analisis Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusa, Kepuasan Dan Loyalitas Konsumen Dalam Pembelian Riti Ceria Di Jember, Jurnal Manajemen Dan Bisnis Indonesia, Vol.1, No.2, Januari 2019

Nama : Hipzul Watoni

Jurusan : MPI

Semester : 7 (tujuh)

Dosen Pengampu : Fizian Yahya M P.d

#UAS-STAIDK-2021

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *