RESENSI BUKU  AYAT-AYAT AL-QURAN TENTANG MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM
18 mins read

RESENSI BUKU AYAT-AYAT AL-QURAN TENTANG MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM

RESENSI BUKU

AYAT-AYAT AL-QURAN

TENTANG MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM

Identitas Buku

Judul Buku      : Ayat-Ayat Al-Quran Tentang Manajemen Pendidikan Islam

Pengarang       : Dr. Rahmat Hidayat. MA & Dr.H. Candra Wijaya, M.Pd

Editor              : Dr. Achyar Zein, M.Ag

Penerbit           : Lembaga Peduli Pengembangan Pendidikan Indonesia (LPPPI)

Tahun Terbit    : 2017

Tempat Terbit: Medan

Cetakan           : Pertama

Tebal Buku      : 298 Halaman

Harga Buku     : Rp. 65.000,00

Pembukaan Resensi

Alhamdulillah, pertama-tama saya mengucapkan rasa syukur kepada Allah SWT yang telah memberikan saya kesehatan, kesempatan sehingga saya bisa menyelesaikan tugas mata kuliah Tafsir Ayat-Ayat Manajemen yang pertama di awal smester 6 ini, dari  dosen Aldi Albani, M. Pd. Dimana tugasnya adalah membuat resensi buku yang berjudul Ayat-Ayat Al-Quran Tentang Manajemen Pendidikan Islam.

Kedua kalinya tak lupa pula saya haturkan sholawat serta salam kepada nabi kita, nabi besar Muhammad SAW yang telah membawa kita dari alam kegelapan menuju alam yang terang benderang, dari jalan yang bengkok menuju jalan lurus yang diridhoi oleh Allah SWT.

Ketiga kalinya saya ucapakan terimakasih kepada pengarang buku, karena dengan adanya buku karya beliau-beliau ini, saya mendapat pengetahuan dan wawasan yang lebih luas mengenai ayat-ayat yang ada di dalam Al-Quran tentang manajemen pendidikan islam, semoga dengan pengetahuan yang saya dapatkan dalam buku ini, bisa saya terapkan dalam kehidupan sehari-hari sehingga mampu membawa manfaat untuk orang banyak lebih-lebih untuk saya sendiri.

Disini juga saya akan membahas sekilas mengenai riwat hidup dari pengarang buku ini. Pertama Rahmad Hidayat, lahir di Medan 26 Februari 1982 dan pendidikan beliau dimulai dari Sekolah Dasar Al-Washliyah 11 kelurahan Amplas diselesaikan pada tahun 1994, SLTA Pondok Pesantren Al-Husna Medan diselesaikan pada tahun 1997, MAN 2 Model Medan diselesaikan pada tahun 2000. Kemudian menyelesaikan kuliah pada Fakultas Tarbiyah IAIN Sumatera Utara program studi Pendidikan Agama Islam strata satu (S.1) pada tahun 2004, dan selanjutnya menyelesaikan strata dua (S.2)  program studi Pendidikan Islam pada tahun 2009. Pada tahun 2016 menyelesaikan strata tiga (S.3) pada program Doktor Pendidikan Islam  UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Beliau juga telah menyelesaikan beberapa karya ilmiah yang berjudul: Stategi Pembelajaran Qiraat, Pendidikan Karakter Berbasis Alquran, tantangan dan peluang pendidikan di era global village, cara cerdas belajar PTK, ilmu pendidikan islam, filsafat pendidikan islam, manajemen pendidikan islam dan ayat-ayat Alquran tentang manajmen pendidikan islam.

Kedua Candra Wijaya, dilahirkan di Mabar 7 April 1974. Menempuh pendidikan SD tahun1986, melanjutkan ke MTS Al-Ittihadiyah Percut tamat tahun 1989, kemudian menyelesaikan PGAN Medan tamat tahun 1992. Pendidikan Strata satu diselesaikan pada tahun 1997 pada Jurusan Pendidikan Agama Islam IAIN Sumatera Utara Medan. meraih gelar Magister Pendidikan dari Universitas Negeri Medan program studi Administrasi Pendidikan pada tahun 2003 dan Strata tiga di almamater yang sama diselesaikan tahun 2015 pada program studi Manajemen Pendidikan. Adapun karya ilmiah berupa buku yang pernah dipublikasikan antara lain Pendidikan Agama Islam Untuk Siswa SMA, Buku Lembar Kerja Siswa Maximum Bidang Studi Teknologi Informasi Computer, Buku Kerja Pembelajaran Tematik Untuk Sekolah Dasar, Ilmu Pendidikan dan Masyarakat Belajar, Manajemen Organisasi, Inovasi Pendidikan:Suatu Analisis Terhadap Kebijakan Baru Pendidikan, Perdana Publishing, Penelitian Tindakan Kelas: Melejitkan Kemampuan Penelitian Untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Guru, Administrasi Pendidikan, Manajerial dan Manajemen, Manajemen Organisasi, Keefektipan Kerja Pegawai Administrasi UIN Sumatera Utara, Peningkatan Kontribusi Manajemen Pendidikan Dalam Mengembangkan Sumber Daya Manusia Berkualitas Untuk Membangun Masyarakat Ekonomi ASEAN, Manajemen Organisasi Pendidikan Perspektif Sains dan Islam, Dasar-Dasar Manajemen; Mengoptimalkan Pengelolaan Organisasi Secara Efektif dan Efesien, Manajemen Pendidikan, Evaluasi Program, Perilaku Organisasi, dan Ayat-Ayat Al-Quran Tentang Manajemen Pendidikan Islam.

Isi Resensi Buku

Di dalam buku ini terdapat beberapa sub tema diantaranya :

  1. Ayat-Ayat Al-Quran Tentang Konsep Dasar Manajemen Pendidikan Islam

Dalam arti luas manajemen adalah perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, dan pengendalian sumber daya organisasi untuk mencapai tujuan secara efektif dan efesien. sedangkan Ramayulis menyatakan bahwa pengertian yang sama dengan hakikat manajemen adalah at-tadbir (pengaturan). Kata ini merupakan derivasi dari kata dabbara (mengatur) yang banyak terdapat dalam Alquran seperti firman Allah yang artinya: “dia mengatur urusan dari langit ke bumi, kemudian (urusan) itu naik kepadanya dalam satu hari yang kadarnya adalah seribu tahun menurut perhitunganmu (Qs. As-Sajdah/32:5). Dari isi kandungan ayat ini dapat diketahui bahwa Allah SWT adalah pengatur alam (Al Mudabbir/manager). Keteraturan alam raya ini meupakan bukti kebesaran Allah SWT dalam mengelola alam ini. Namun karena manusia yang diciptakan Allah SWT telah dijadikan sebagai khalifah di bumi, maka dia harus mengatur dan mengelola bumi dengan sebaik-baiknya sebagaimana Allah mengatur alam raya ini.

Ada beberapa hal yang terdapat dalam manajemen pendidikan islam antara lain: Prinsip Dasar ( Ikhlas, Jujur, Amanah, Adil, dan Tanggung Jawab), Unsur-unsur yang terdapat dalam Al-Qur’an (fleksibel, efektif Dan efesien, terbuka, koperatif dan partisipasif), fungsi dalam tinjauan Al-Quran (perencanaan, pengorganisasian, penggerakan, dan evaluasi.

  1. Ayat-Ayat Al-Quran Tentang Sumber Daya Manusia

Manajemen sumber daya manusia adalah suatu proses yang terdiri atas perencanaan, pengorganisasian, pemimpin dan pengendalian kegiatan-kegiatan yang berkaitan dengan analisis pekerjaan, evaluasi pekerjaan, pengadaan, pengembangan, kompensasi, promosi, dan pemutusan hubungan kerja guna mencapai tujuan yang ditetapkan.

Jadi sumber daya manusia merupakan kekuatan terbesar dalam pengelolaan seluruh sumber daya yang ada di muka bumi. Manusia diciptakan oleh Allah SWT, sebagai khalifah di bumi untuk mengelola bumi dan sumber daya yang ada di dalamnya demi kesejahteraan manusia sendiri, makhluk dan seluruh alam semesta, karena pada dasarnya seluruh ciptaan Allah yang ada di muka bumi ini sengaja diciptakan oleh Allah untuk kemaslahatan umat manusia. Hal ini sangat jelas ditegaskan oleh Allah dalam Alquran surat Al-Jatsiyah/45 ayat 13 yang artinya :”dan dia telah menundukkan untukmu apa yang di langit dan apayang di bumi semuanya, (sebagai rahmat) daripada-nya. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda (kekuasaan Allah) bagi kaum yang berfikir.”

  1. Ayat-Ayat Al-Quran Tentang Manajemen Kesiswaan,

Siswa merupakan masukan mentah (raw input) dalam manajemen persekolahan. ketercapaian tujuan pendidikan dimanifestasikan dalam perubahan pribadi siswa dengan segala aspeknya. oleh karena itu, sebenarnya semua sumber dana dan daya pada akhirnya bermuara pada kepentingan siswa tersebut. pada dasarnya siswa merupakan pusat utama dalam konsepsi persekolahan, dan kesiswaan itu sendiri juga menempati posisi sterategis dalam administrasi pendidikan pada tingkat persekolahan.

Manajemen kesiswaan merupakan pengelolaan kegiatan yang berkaitan dengan peserta didik mulai dari awal masuk (bahkan sebelum masuk), hinggga akhir (tamat) dari lembaga pendidikan. manajmen keiswaan bertujuan untuk mengatur berbagai kegiatan dalam bidang kesiswaan agar kegiatan pembelajaran di sekolah dapat berjalan lancar, tertib, teratur serta mampu mencapai tujuan pendidikan sekolah.

  1. Ayat-Ayat Al-Quran Tentang Manajemen Kurikulum Pendidikan Islam

Orientasi pendidikan islam adalah berusaha mewujudkan siswa atau alumninya untuk memiliki keimanan yang tangguh, intelektual unggul, peduli dalam beramal, anggun akhlaknya dan mahir dalam berbagai keterampilan. Dalam rangka mewujudkan hal tersebut maka dibutuhkan faktor-faktor pendukung lain, diantaranya adalah kurikulum yang sesuai dengan orentasi pendidikan islam tersebut. Kurikulum yang ada harus dapat menjawab kebutuhan masyarakat masa kini dan masa depan. Maka untuk itu perlu adanya pengembangan kurikulum pendidikan secara berkesinambungan. Kalaulah lembaga pendidikan islam mampu mewujudkan orientasi pendidikan islam tentu lembaga pendidikan islam yang ada akan mampu menjadi sebuah lembaga pendidikan yang unggul dalam berbagai bidang baik kualitas iman, akhlakul karimah maupun keterampilan yang mumpuni.

  1. Ayat-Ayat Al-Quran Tentang Manajemen Keuangan Dan Pembiayaan Pendidkan Islam

Komponen keuangan dan pembiayaan pada suatu sekolah/madrasah merupakan komponen produksi yang menentukan terlaksananya kegiatan-kegiatan proses belajar mengajar di sekolah bersama komponen-komponen lainnya. Dengan kata lain setiap kegiatan yang dilakukan sekolah memerlukan biaya, baik itu disadari atau tidak disadari. komponen keungan dan pembiayaan ini perlu dikelola sebaik-baiknya, agar dana-dana yang dapat dimanfaatkan secara optimal untuk menunjang tercapainya tujuan pendidikan.

  1. Ayat-Ayat Al-Quran Tentang Manajemen Sarana Dan Prasarana Pendidikan Islam

Sarana dan prasarana pendidikan memegang peranan yang sangat penting dalam usaha menciptakan suasana yang kondusif dunia pendidikan. proses pendidikan tidak akan berjalan dengan baik tanpa didukung dengan adanya sarana dan prasarana yang baik pula. Agar tujuan pendidikan tersebut dapat dicapai maka perlu diperhatikan segala sesuatu yang mendukung keberhasilan tujuan pendidikan itu. dari sekian faktor penunjang keberhasilan tujuan pendidikan, kesuksesan dalam proses pembelajaran itulah terjadinya interialisasi nilai-nilai dan pewarisan budaya maupun norma-norma secara langsung. Karena itu, kegiatan belajar mengajar merupakan ujung tombak untuk tercapainya pewarisan nilai-nilai diatas.

  1. Ayat-Ayat Al-Quran Tentang Manajemen Hubungan Masyarakat Hubungan Pendidikan Islam

Secara garis besar Humas merupakan salah satu ujung tombak dari suatu organisasi, Humas sangat diperlukan untuk menjalin komunikasi dengan para stakeholders ataupun untuk mengkomunikasikan visi, misi, tujuan dan program organisasi kepada public. Hubungan masyarakat (Humas) sangat penting dalam manajemen pendidikan yang masih dianggap remeh kehadirannya oleh beberapa pihak, hubungan masyarakat mempunyai fungsi pokok dalam manajemen pendidikan yaitu dapat menarik perhatian masyarakat umum sehingga meningkatkan relasi serta animo masyarakat terhadap lembaga pendidikan tertentu yang ahirnya menambah income bagi lembaga pendidikan agar dapat mencapai tujuan yang ditetapkan.

  1. Ayat-Ayat Al-Quran Tentang Motivasi Kerja Dalam Islam

Salah satu faktor penentu dalam menunjang keberhasilan peningkatan mutu pendidikan adalah guru (pendidik). Guru merupakan sumber daya manusia yang berada di front paling depan tempat saat terjadinya intraksi belajar mengajar. Hal itu mengandung makna bahwa upaya peningkatan mutu pendidikan harus dimulai dari guru dan tenaga pendidikan lainnya. dalam mengoptimalkan kinerja mengajar guru yakni dalam rangka melaksanakan tugas dan pekerjaannya, maka kepala sekolah yang berkualitas harus mampu mempengaruhi, menggerakkan, memotivasi, mengajak, mengarahkan, menasehati, membimbing, menyuruh, memerintahkan, melarang, dan bahkan memberikan sanksi, serta membina dalam rangka mencapai kinerja sekolah secara efektif dan efesien. Melalui peningkatan kinerja mengajar guru dalam melaksanakan tugas dan kewajibannya, diharapkan prestasi kerja guru dapat mencapai hasil yang optimal.

  1. Ayat-Ayat Al-Quran Tentang Manajmen Mutu Pendidikan Islam

Mutu (quality) dewasa ini merupakan isu penting yang dibicarakan hampir dalam setiap sector kehidupan, di kalangan bisnis, pemerintahan, sistem pendidikan, dan sektor-sektor lainnya. Mutu adalah keseluruhan ciri atau karakteristik produk atau jasa dalam tujuannya memenuhi kebutuhan dan harapan pelanggan. Pelanggan dalam dunia pendidikan adalah siswa, orang tua siswa, masyarakat maupun pemerintah. Para pelanggan ini membutuhkan lembaga pendidikan yang bermutu, yaitu lembaga pendidikan yang bisa melahirkan generasi-generasi emas, yaitu generasi yang mempunyai iman, akhlak dan keterampilan yang mumpuni. Lembaga pendidikan yang selalu diminati masyarakat yaitu lembaga pendidikan yang baik dalam pengelolaan sumber daya yang ada, akuntabel, berkualitas, mampu bersaing dengan lembaga lain dan dapat mengantarkan peserta didiknya ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi ataupun ke dunia kerja dengan bekal ilmu pengetahuan dan tekhnologi serta keterampilan teknis yang sangat diperlukan oleh dunia usaha dan industry, lembaga seperti inilah yang kita namakan lembaga pendidikan yang baik dan bermutu.

manajemen mutu merupakan suatu proses sisematis yang terus-menerus meningkatkan kualitas proses belajar mengajar dan faktor-faktor yang berkaitan dengan itu, dengan tujuan agar menjadi target lembaga pendidikan islam agar dapat dicapai dengan lebih efektif dan efesien. Mutu harus dikelola dengan menerapkan trilogy mutu, yaitu perencanaan mutu, pengawasan mutu, dan perbaikan mutu yang dilakukan secara terus menerus seiring dengan berkembangnya kebutuhan pelanggan. berdasarkan ukuran, kadar, ketentuan dan penilaian tentang kualitas sesuatu barang maupun jasa (produk) sesuai dengan kepuasan pelanggan.

  1. Ayat-Ayat Al-Quran Tentang Manajemen Konflik Pendidikan Islam

Konflik didefinisikan sebagai sebuah perjuangan antara satu atau  dua orang lebih bisa jua satu kelompok dengan kelompok lain dengan kebutuhan, ide, nilai, dan tujuan berbeda. Konflik bisa memuat organisasi menjadi produktif  namun bisa juga membuat organisasi tidak produktif. Oleh karena itu dibutuhkan manajemen konflik, agar konflik keorganisasian bisa menjaga keberlangsungan organisasi. manajemen konflik sangat berpengaruh bagi anggota organisasi. Pemimpin organisasi dituntut  menguasai manajemen konflik agar konflik ynag muncul dapat berdampak positif untuk meningkatkan mutu organisasi.

  1. Ayat-Ayat Al-Quran Tentang Manajemen Sistem Informasi Pendidikan Islam

Manajemen Sistem Informasi Pendidikan merupakan perpaduan antara sumber daya manusia dan aplikasi teknologi informasi untuk memilih, menyimpan, mengolah, dan mengambil kembali data dalam rangka mendukung kembali proses pengambilan keputusan bidang pendidikan. Data-data tersebut adalah data empiris atau data/fakta sebenarnya ynag benar-benar ada dan dapat dipertanggung jawabkan kebenarannya.

Dengan adanya manajemen sistem informasi organisasi pendidikan akan merasakan beberapa manfaat sebagai berikut, pertama, tersedianya sistem pengelolaan data dan informasi pendidikan. Kedua, terintegrasinya data dan informasi pendidikan untuk mendukung proses pengambilan keputusan. Ketiga, tersedianya data dan informasi pendidikan yang lengkap bagi seluruh stakeholders yang berkepentingan dalam bidang pendidikan.

  1. Ayat-Ayat Al-Quran Tentang Manajemen Komunikasi Pendidikan Islam

Komunikasi dipandang sebagai sentral elemen-elemen lainnya dalam kegiatan manajemen pendidikan. Alasan pertama, komunikasi memiliki fungsi untuk mempertemukan antara tujuan organisasi dengan target hasil yang dicapai. Kedua, untuk membina hubungan antar anggota organisasi dalam melaksanakan berbagai tugas dan beban kerja organisasi. Untuk itu, kemampuan komunikasi ynag efektif menjadi hal yang mutlak harus dimiliki oleh seseorang pelaku organisasi. Keberhasilan komunikasi dalam suatu organisasi merupakan aset penting bagi pencapaian sasaran atau tujuan organisasi tersebut. Keberhasilan komunikasi yang tercermin dalam efektifitas dan efesiennya merupakan alat perekat organisasi, yang juga mempengaruhi nama baik (goodwill) orgaisasi yang bersangkutan.

  1. Ayat-Ayat Al-Quran Tentang Manajemen Pemasaran

Pemasaran merupakan kunci penting dalam setiap organisasi/perusahaan, entah itu yang menjual jasa atau barang. tapi yang perlu disadari bahwa sebenarnya inti dari pemasaran adalah memberikan pelayanan terbaik untuk pelanggan (the best services). Sedangkan konsep pemasaran sendiri dalam dunia pendidikan ynag notebenenya menjual jasa adalah menawarkan mutu layanan intlektual dan pembentukan watak secara menyeluruh.

Setiap lembaga pendidikan dituntut untuk memiliki strategi dalam pemasaran jasa pendidikan untuk memenangkan kompetensi antar lembaga pendidikan serta untuk meningkatkan akselerasi peningkatan kualitas mutu manajemen suatu lembaga pendidikan.

  1. Ayat-Ayat Al-Quran Tentangkepemimpinan Dalam Lembaga Pendidikan Islam

Kepemimpinan merupakan titik sentral dan penentu kebijakan kegiatan yang akan dilaksanakan dalam organisasi dan merupakan faktor yang sangat penting dalam menentukan pencapaian tujuan organisasi yang telah ditetapkan. Ia adalah intisari dadri manajemen organisasi, sumber daya pokok dan titik sentral dari setiap aktifitas yang terjadi dalam suatu organisasi.

kepemimpinan dipahami sebagai segala daya upaya bersama untuk menggerakan semua sumber dan alat (resources) yang tersedia dalam suatu organisasi. Resources tersebut dapat tergolong menjadi dua bagian besar, yaitu : human resources dan non human resources. dalam lembaga pendidikan, khususnya lembaga pendidikan islam yang termasuk salahsatu unit organisasi juga terdiri dari berbagai unsur atau sumber, dan manusialah merupakan unsur terpenting. Untuk itu dapat dikatakan bahwa suskses tidaknya suatu organisasi untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan sangat tergantung atas kemampuan pemimpinnya untuk menumbuhkan iklim kerja sama dengan mudah dan dapat menggerakkan sumber-sumber daya yang ada sehingga dapat mendaya gunakan dan dapat berjalan secara efektif dan efesien. Dengan demikian kehidupan suatu organisasi sangat ditentukan oleh peran seorang pemimpin.

 

 

 

Kelebihan Buku

Menurut saya buku ini isinya sangat bagus dan lengkap sekali, karena semua tema yang ada di buku ini sudah mencakup semua kegiatan yang ada di dalam manajemen pendidikan, terutama manajemen pendidikan islam yang disertai dengan ayat-ayat yang terkait di dalam Alqur’an. Kekurangan Buku

Setelah saya selesai membaca buku ini saya menemukan beberapa kekurangan yang ada di dalamnya diantaranya sebagai berikut :

  1. Dalam penulisan kata Allah SWT, sering tidak konsisten, kadang ditulis seperti ini “Allah swt” dan “Allah Swt”. begitu juga dalam penulisan Rasulullah SAW.
  2. Pada halaman 37 terjadi pengulangan kata “menurut” sebanyak dua kali.
  3. pada bagian B. Fungsi Manajemen Sumber Daya Manusia, terjadi kesalahan penomoran, 1-5 ditulis dengan benar, tetapi untuk penomoran berikutnya ditulis dengan menggunakan huruf yaitu “F” dan “G” seharusnya dilanjutkan dengan angka “6” dan “7”.
  4. Dalam penulisan nama suruh dalam Alquran sering seperti ini “aR-Rum” seharusnya ditulis seperti ini “Ar-Rum”, dan itu pun terdapat di beberapa halaman dalam penulisan nama surah yang lainnya.
  5. Kesalahan dalam penulisan kata terjadi di beberapa halaman diantaranya
  • “kontrbusi” seharusnya “kontribusi” pada halaman 51
  • “merupaka” seharusnya “merupakan” pada halaman 61
  • “menepati” seharusnya “menempati” pada halaman 65
  • “inat” seharusnya “minat” pada halaman 67
  • “anajemen” seharusnya “manajemen” pada halaman 69
  • “peserta didikB” seharusnya “peserta didik” pada halaman 74
  • “analisia” seharusnya “analisa” pada halaman 76
  • “kleas” seharusnya “kelas” pada halaman 77
  • “lembag” seharusnya “lembaga” pada halaman 81
  • “pembeljaran” seharusnya “pembelajaran” pada halaman 106
  • “stu-satunya” seharusnya “satu-satunya” pada halaman 108
  • “pagangan” seharusnya “pegangan” pada halaman 108
  • “kel;ompok” seharusnya “kelompok” pada halaman 108
  • “memberikna” seharusnya “memberikan” pada halaman 123
  • “sebagaiman” seharusnya “sebagaimana” pada halaman 124
  • “berlaku. n” seharusnya “berlaku” pada halaman 129
  • “bekreasi” seharusnya “berkreasi” pada halaman 131
  • “peningkat an” seharusnya “peningkatan” pada halaman 133
  • “timbale balek” seharusnya “timbale balik” pada halaman141
  • “nmenghindarkan” seharusnya “menghindarkan” pada halaman 144
  • “emperhatikan” seharusnya “memperhatikan” pada halaman 144
  • “kehirmatan” seharusnya “kehormatan” pada halaman153
  • “dapt” seharusnya “dapat” pada halaman153
  • “lembnaga” seharusnya “lembaga” pada halaman 182
  • “jua” seharusnya “juga” pada halaman 196
  • “kemepentingan” seharusnya “kepentingan” pada halaman200
  • “dinataranya” seharusnya “diantaranya” pada halaman 201
  • “ermusuhan” seharusnya “permusuhan” pada halaman 212
  • “pwndapat” seharusnya “pendapat” pada halaman 213
  • “organissi” seharusnya “organisasi” pada halaman 216
  • “infor masi” seharusnya “informamsi” pada halaman 218
  • “dair” seharusnya “dari” pada halaman 220
  • “dianaranya” seharusnya “diantaranya” pada halaman 220
  • “iti” seharusnya “itu” pada halaman 232
  • “idtujukan” seharusnya “ditujukan” pada halaman 236
  • “dituntuk” seharusnya “dituntut” pada halaman 250
  • “naehat” seharusnya “nasehat” pada halaman 273
  1. Terdapat beberapa kata yang tidak di spasi diantaranya sebagai berikut :
  • “Rasulullahyang” pada halaman 50
  • “menggembirakandan” pada halaman 80
  • “meliputipengembangan” pada halaman 80
  • “stakeholdersataupun” pada halaman141
  • “undang-undang” pada halaman183
  • “mengajardikelas” pada halaman 183
  • “islamharus” pada halaman 190
  • “perhitunganharga” pada halaman 221
  • “diinginkanmanajemen” pada halaman 221
  • “dataperlu” pada halaman 222
  • “akanmenanganinya” pada halaman 222
  • “kegiatanmanajemen” pada halaman 222
  • “padameningkatnya” pada halaman 223
  • “informasimanajemen” pada halaman 223
  • “yangsangat” pada halaman 224
  • “fasilitaslembaga” pada halaman 224
  • “danmemuaskan” pada halaman 224
  • “pemrosesdata pada halaman 225
  • “maupuneksternal” pada halaman 225
  • “dalamorganisasi” pada halaman 225
  • “terdapathubungan” pada halaman 225
  • “dilakukansecara” pada halaman 225
  • “datadengan” pada halaman 225
  • “diperlukanuntuk” pada halaman 225
  • “denganprogram” pada halaman 225
  • “kesalahanyang” pada halaman 225
  • “tantanganprosesdur” pada halaman 225
  • “bagianprogram” pada halaman 226
  • “yangbertanggung” pada halaman 226
  • “telahdihimpun” pada halaman 226
  • “adalahdemi” pada halaman 226
  • “kebutuhanmanajer” pada halaman 226
  • “dipimpinlangsung” pada halaman 226
  • “diantaratujuan” pada halaman 232
  • “demikianoleh” pada halaman 232
  • “sinyaluntuk” pada halaman 235
  • “kontekssosialnya” pada halaman 232
  • “stakeholderndan” pada halaman 250

Penutup Resensi

Alhadulillah dengan kehadiran buku ini bisa menambah pengetahuan dan gagasan saya tentang manajemen pendidikan islam lebih luas lagi, semoga semua ilmu yang terdapat dalam buku bisa saya amalakan sehingga bisa bermanfaat untuk saya sendiri lebih-lebih untuk orang banyak.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *