Resensi buku Ayat-Ayat Alquran Tentang Manajemen Pendidikan Islam
Deskripsi isi buku
Judul : Ayat-Ayat Alquran Tentang Manajemen Pendidikan Islam
Penulis : Dr. Rahmat Hidayat, MA
Dr. H. Candra Wijaya, M.Pd
Penerbit : Lembaga Peduli Pengembangan Pendidikan Indonesia (LPPPI)
Tahun terbit : Maret, 2017
Cetakan : 1 (Pertama)
Tebal halaman : 298 hlm
Biografi penulis
Dr. Rahmat Hidayat, MA, Lahir di Medan, 26 Pebruari 1982. Menyelesaikan kuliah pada Fakultas Tarbiyah IAIN Sumatera Utara program studi Pendidikan Agama Islam strata satu (S.1) pada tahun 2004, dan selanjutnya menyelesaikan strata dua (S.2) program studi Pendidikan Islam pada tahun 2009. Pada tahun 2016 menyelesaikan strata tiga (S.3) pada Program Doktor Pendidikan Islam UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Saat ini bertugas di Fakultas Agama Islam Universitas Dharmawangsa Medan sejak tahun 2009 dan bertugas di Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sumatera Utara sejak tahun 2010.
Dr. H. Candra Wijaya, M.Pd, dilahirkan di Mabar 7 April 1974. Menempuh pendidikan SD tamat tahun 1986, melanjutkan ke MTs Al-Ittihadiyah Percut tamat tahun 1989, kemudian menyelesaikan PGAN Medan tamat tahun 1992. Pendidikan Strata satu (S.1) diselesaikan pada tahun 1997 pada Jurusan Pendidikan Agama Islam IAIN Sumatera Utara Medan. Meraih gelar Magister (S.2) Pendidikan dari Universitas Negeri Medan program studi Administrasi Pendidikan pada tahun 2003 dan Strata tiga (S.3) di almamater yang sama diselesaikan tahun 2015 pada program studi Manajemen Pendidikan. Saat ini bertugas sebagai Dosen tetap Program Pascasarjana dan mendapat tugas tambahan sebagai Ketua Jurusan Manajemen Pendidikan Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Sumatera Utara mengampuh mata kuliah Manajemen Pendidikan.
Buku yang berjudul “Ayat-Ayat Alquran Tentang Manajemen Pendidikan Islam” karangan Dr. Rahmat Hidayat, MA & Dr. H. Candra Wijaya, M.Pd. Buku ini ditulis untuk menyebarluaskan pemikiran dalam bidang pendidikan islam yang dihubungkan dengan sistem ayat-ayat yang ada di dalam al- qur`an dalam persfektip manajemen pendidikan islam. Di dalam buku ini memberikan penjelasan tentang pendidikan yang sudah dijelaskan dalam al-qur`an seperti aspek-aspek pendidikan. Di jelaskan juga tentang bagaimana konsep dasar, fungsi, prinsip, dan unsur-unsur manajemen pendidikan islam. Ayat-ayat al-qur`an tentang sumber dayat manusia seperti manajemen, fungsi, karakteristik, komponen, serta upaya dalam membangun SDM yang sesuai dengan pendidikan islam. Ayat-ayat tentang manajemen kesiswaan, pengertian tujuan fungsi, prinsip, dan aktivitas manajemen kesiswaan yang dapat menunjang dari proses pendidikan islam yang sudah sesuai dengan ayat-ayat al-qur`an yang sudah dicantumkan dalam buku ini. Ayat-ayat al-qur`an tentang manajemen kurikulum, pengertian, komponen, prinsip-prinsip dasar, isi dan ayat-ayat al-qur`an tentang pengembangan kurikulum. Ayat-ayat al-qur`an tentang manajemen keuangan dan pembiayaan pendidikan islam, pengertian sumber-sumber, tujuan dan fungsi manajemen keuangan dan pembiayaan pendidikan. Ayat-ayat al-qur`an tentang manajemen sarana-prasarana pendidikan islaml, pengertian, prinsip-prinsip, dan sarana prasarana dalam konteks pendidikan islam.
Ayat-ayat al-qur`an tentang manajemen hubungan masyarakat pendidikan islam, pengertian, prinsip, tujuan, tahapan, fungsi dan manfaat manajemen hubungan sekolah dengan masyarakat. Ayat-ayat al-qur`an tentang motivasi kerja dalam islam, pengertian, faktor-faktor, bentuk, fungsi dalam meningkatkan etos kerja dalam pengelolaan pendidikan islam. Ayat-ayat al-qur`an tentang manajemen mutu, pengertian, prinsip-prinsip, manfaat, faktor-faktor, manajemen mutu terpadu dalam konsep pendidikan islam. Ayat-ayat al-qur`an tentang konflik pendidikan islam, pengertian, sumber-sumber, jenis-jenis, strategi, dan tinjauan pendidikan islam tentang penangan konflik. Ayat-ayat tentang manajemen sistem informasi pendidikan islam, pengertian, tujuan, fungsi, penerapan, dan layanan pendidikan, serta tinjauan al-qur`an tentang sisem informasi pendidikan islam. Ayat-ayat al-qur`an tentang manajemen komunikasi pendidikan islam, pengertian, tujuan, unsur-unsur, fungsi, prinsip-prinsip dan jenis-jenis komunikasi dalam persfektif islam. Ayat-ayat al-qur`an tentang manajemen pemasaran pendidikan islam, pengertian, tujuan, fungsi, proses dan tinjauan tentang pemasaran pendidikan dalam islam. Ayat-ayat al-qur`an tentang kepemimpinan dalam lembaga pendidikan, pengertian, ciri-ciri, prinsip-prinsip kepemimpinan dan peningkatan mutu lembaga pendidikan islam.
- Kelebihan Buku
- Saya sebagai peresensi buku ini dapat memberikan manfaat kepada pembaca karena buku ini dapat dijadikan sebagai rujukan/referensi kedepannya agar manajemen pendidikan islam dapat di jalankan sesuai dengan ayat-ayat al- qur`an yang sudah di bahas dalam buku ini.
- Dari segi materi-materi yang ada dalam buku ini sudah di di buat secara bangus seperti pada ayat-ayat al-qur`an tentang manajemen pendidikan islam itu sendiri bukan hanya dituliskan ayat-ayatnya saja akan tetapi dijelaskan secara lebih detail lagi penjelasan dari semua ayat-ayat yang dicantumkan dalam buku ini
- Dalam setiap BAB dalam buku ini selalu di cantumkan ayat-ayat al-qur`an dan kemudian dijelaskan secara lebih terperinci ayat-ayat al-qur`an tersebut.
- Isi, bahasa serta penulisan dari buku ini menurut saya bisa membuat para pembaca merasa sangat puas dikarenakan mampu mendeskripsikan bagaimanakah manajemen pendidikan islam dalam ayat-ayat al-qur`an dan apa saja yang perlu dipelajari dalam buku ini sudah dijelaskan secara spesifik sekali.
- Banyaknya referensi buku, jurnal, ataupun yang lainnya baik itu dari dalam negeri ataupun dari luar negeri yang digunakan untuk menggali informasi yang sesuai dengan judul buku ini sehingga menambah terpercayanya isi dari buku ini.
- Cara penulisan sesuai dengan EYD (Ejaan Yang Disempurnakan)
- Buku ini lebih banyak membahas tentang manajemen pendidikan islam tersebut dan selalu dicantumkan dengan ayat-ayat al-qur`an.
- Kekurangan Buku
- Terdapat kesalahan penulisan huruf halaman 5 terdapat kata “orangorang” yang seharusnya ditaruh tanda (-) ditengahnya seperti “orang-orang. pada kata “yany” yang seharusnya “yang”, kata “kompcnfen-komponen” yang seharusnya “komponen-komponen” dan pada kata “pe-nyempurnaan” yang seharusnya antara e dan n jangan di kasih tanda spasi seperti penulisannya “penyempurnaan” pada halaman 8, dan pada halaman 6 terdapat pada kata “pencapain” yang seharusnya penulisannya “pencapaian”
- Terdapat penambahan huruf pada kata “kiamat an” yang seharusnya kiamat pada halaman 2.
Dari penjelasan di atas dapat dikatakan bahwa buku ini sangat bermanfaat baik bagi pengajar dan pelajar yang bisa dijadikan sebagai salah sumber atau referensi untuk membantu proses belajar mengajar yang lebih baik yang bisa di terapkan di dalam dunia pendidikan, dengan menjadikan ayat-ayat alqur`an sebagai pedoman dalam melakukan proses belajar mengajar buku ini dilengkapi dengan langkah-langkah teoritis dari berbagai sumber serta pengajar maupun pelajar dapat memilih materi yang dapat disesuaikan dengan kondisi yang ada agar dapat mencapai tujuan belajar islam, kreatif, aktif dan kreatif.
